Kiat-Kiat Khusus Untuk Menghadapi Ujian Semester / Nasional ( Materi BKK)

Kiat-Kiat Khusus Untuk Menghadapi Ujian Semester/Nasional
  •  tenangkan dan tetapkan hati anda bahwa ujian nasional adalah hal yang harus kita lalui sebagai seorang pelajar
  • ciptakan hubungan sosial yang harmonis selama disekolah, dirumah, ataupun dimasyarakat dengan  teman sepermainan
  • carilah teman diskusi untuk membahas materi pelajaran setiap saat
  • ulangi membaca pelajaran mulai dari kelas x setiap malam atau setiap kesempatan setiap hari
  • buatlah catatan kecil setiap kali anda belajar
  •  mohon doa dan restu dari orang tua setiap kegiatan
  • berdoa dan memohon ridho kepada allah swt untuk keberhasilan anda
Berpakaian etika mahasiswa/siswa
            ciri-ciri khusus terhadap penampilan lahiriah seseorang, memakai pakaian yang sopan dan cocok dengan tempat, situasi, dan waktu akan menunjukkan bahwa seseorang tersebut mempunyai tata krama.  pergi kuliah/sekolah  hendaknya mengenakan pakaian yang potongannya sopan, dan dari bahan yang tidak mewah. selain itu juga perlu diperhatikan kombinasi warna, ukuran, potongan pakaian, sehingga itu pantas untuk digunakan karena akan terlihat bersih, rapih, sopan, dan sederhana. bersih rapih dan sopan dalam berpakaian akan memberi nilai tambah tersendiri bagi penampilan seseorang. pakaian membawa kesan pertama yang dilihat seseorang dan merupakan penentu penilaian seseorang.
            pada saat ini mahasiswa/siswa  sangat suka untuk mengejar trend disebabkan oleh adanya istilah jika tidak mengikuti trend pakaian terbaru tidak gaul. hal ini juga disebabkan oleh model pergaulan para mahasiswa/siswa ini yang cenderung bebas mempertontonkan bagian-bagian tubuh. trend mode pakaian terbaru pada saat ini cenderung ketat dan terbuka yang menampakkan lekuk tubuh pemakainya sehingga kelihatan sexy.trend pakaian yang terbaru selalu diminati oleh mahasiswa/siswa baik itu laki-laki maupun perempuan. namun pada sekarang ini mahasiswa/pelajar perempuan lebih aktif untuk mengikuti trend terbaru dalam dunia pakaian dari pada laki-laki. pemakaian pakaian yang terbuka dan ketet oleh para mahasiswa/pelajar juga merupakan salah satu cara untuk menarik lawan jenis.
Mengatasi kebudayaan mencontek dikalangan mahasiswa/
siswa
            cara mengatasi kebudayaan mencontek dikalangan mahasiswa/siswa yaitu;
1.     dengan memberikan nasihat yang dapat menyentuh hatinya agar dia dapat berfikir dewasa. kebohongan kecil adalah awal dari kebohongan besar, berarti kejujuran kecil adalah awal dari kejujuran besar.
2.     prilaku mencontek dapat dihilangkan dengan menanamkan pesan moral kepada siswa/mahasiswa bahwa mencontek adalah prilaku tidak terpuji dan haram hukumnya.
3.     namun  itu saja tidak cukup, perlu adanya sanksi tegas bagi pelakunya, misalnya: siswa/mahasiswa yang ketahuan mencontek akan dikeluarkan dari ruang ujian dan dianggap tidak mengikuti ujian.
4.     ada tindakan yang lebih tegas lagi yaitu: siswa/mahasiswa yang ketahuan mencontek akan dipanggil orang tuanya dan kalau diulangi lagi akan dikeluarkan dari sekolah. aturan memerlukan kerja sama dari semua komponen pendidikan, bukan hanya oleh seorang guru namun semua guru harus berlaku sama kepada semua siswanya.
5.      untuk mengatasi prilaku mencontek perlu usaha dan keberanian, kreatifitas dan kekuatan hati yang luar biasa. usaha dan keberanian guru diperlukan, karena guru yang galak atau tegas pasti tidak populer (kurang disukai siswa). kreatifitas diperlukan misalnya untuk dapat membuat soal yang jawabannya tidak mungkin ada dicontekan. kekuatan hati diperlukan karena biasanya kita tidak tega menghukum siswa/mahasiswa yang mencontek. padahal rasa kasihan pada siswa/mahasiswa yang justru akan menjerumuskannya pada prilaku yanmg tidak terpuji.
tata krama siswa dengan guru / mahasiswa dengan dosen
            sebagai seorang  pelajar kita harus mempunyai sikap yang baik terhadap dosen kita karena desen sebagai pengganti orang tua di kampus tata krama siswa/mahasiswa dengan guru/dosen meliputi:
Menyikapi hubungan muda mudi dikalangan siswa/mahasiswa
sering kita jumpai disepanjang jalan banyak titemui pasangan muda mudi yang berpacaran tanpa mengenal waktu bahkan tanpa malu-malu, ditempat yang gelap mereka kerap melakukan hubungan suami  istri padahal usia mereka masih dibawah umur,dan kerap juga kita jumpai di profile frendster,wallpaperponsel atau dekstop komputer mereka tidak merasa malu memasang gambar-gambar yang seronok. sekarang telah marak kost-kostan yang mencampur laki-laki dan perempuan, model pacaran berduaan didalam satu ruangan kost-kostanpun telah menjadi kebiasaan bahkan tak sedikit ada sepasang siswa/mahasiswa berciuman dan kebejatan-kebejatan moral lainnya.
degradasi moral ini tidak boleh dibiarkan apakah kita harus menunggu ada kasus hamil diluar nikah terlebih dahulu untuk bergerak memberantas praktek free sex dikalangan siswa/mahasiswa? apakah kita harus sabar saja hingga ada kematian dikarnakan overdosis narkoba dikalangan siswa/mahasiswa? apakah kita tetap berdiam diri hingga aids datang menggerogoti sebagai dampak fenomena homoseksual. kini saatnya  seluruh elemen sekolah/ kampus bergerak melawan arus degradasi moral tersebut dengan cara:
1.      menjembatani program penghentian kehinaan ini 
2.      menerbitkan dan mempublikasikan aturan siswa/mahasiswa
3.      mengkoordinasi dan menyamakan persepsi untuk memperketat pergaulan siswa/mahasiswa hingga tidak bebas tanpa batas
4.      setiap siswa/mahasiswa menjadi agen yang mengawasi dan menindak setiap oknum yang melakukan perbuatan menjurus pada pergeseran norma dpenurunan moral
5.       mengingatkan kerabat/teman kita yang kita anggap berlebihan dalam pergaulannya dengan cara yang lembut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *