Lebarkan Karier Anda Pakai 3 Cara Ini

Bagi Anda yang baru mulai meniti karier ataupun yang baru ingin mengembangkan keahlian dalam dunia kerja, Anda tentunya ingin terus memiliki karier yang berkembang. Untuk itu Anda perlu tahu bagaimana cara menghadapi persaingan.
Apalagi di zaman sekarang ini semakin sulit saja untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan minat karena banyaknya persaingan.
Seperti dikutip dari Careerealism, Senin (1/2/2106) berikut ini cara menghadapinya:
1. Tentukan tujuan karier yang jelas
Agar bisa berkompetisi dalam karier, Anda perlu mengetahui tujuan karier yang diinginkan. Apabila Anda belum juga menemukan bayangan karier seperti apa yang diinginkan, janganlah cepat menyerah. Tetap terus berusaha untuk menemukan passionAnda.

2. Membuat CV yang cemerlang
Jika sudah menemukannya, carilah informasi seputar pekerjaan dan karier tersebut, cari tahu juga bagaimana orang lain bisa sukses dengan karier tersebut. Untuk bisa maju dalam karier, Anda perlu mengatur strategi untuk menjadi yang terdepan dibanding orang lain.
Jika memang Anda sudah memiliki pekerjaan, bukan berarti CV Anda tidak diperbaharui. Anda bisa membuat CV atau data-data di LinkedIn yang membuat Anda terlihat cemerlang.
Misalnya. dengan mencantumkan informasi tentang pencapaian Anda saat bekerja selama ini. Dengan begitu, berbagai macam perusahaan bisa langsung melihat profil Anda yang sudah ter-update.
Namun bagi yang baru mau meniti karier atau baru lulus kuliah, Anda bisa membuat CV dengan menambahkan pengalaman apa saja yang pernah didapat saat kuliah atau saat magang.
Jangan lupa juga untuk membuat CV yang sesuai dengan pekerjaan yang dilamar dan tonjolkan keahlian Anda sesuai dengan posisi yang diinginkan.
3. Ambil Kesempatan
Jangan pernah ragu untuk mengambil kesempatan yang berguna untuk mengembangkan karier. Jika Anda menginginkan kemajuan karier dan belum mendapatkannya, cari tahu mengenai apa yang Anda butuhkan, entah itu pengalaman atau keahlian tertentu.
Apabila Anda mendapatkan pelatihan di tempat kerja, jangan sampai Anda menolaknya. Jika di kantor tidak mendapat pelatihan, Anda bisa mencari kursus atau kuliah di luar kantor. (Vna/Ndw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *