Untuk Apa Nilai Tinggi tapi Tidak JUJUR

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Musirawas Utara (Muratara), Firdaus menegaskan, pelaksanaan ujian nasional tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA/MA/SMK) yang akan dimulai Senin (4/4/2016) harus dilaksanakan dengan integritas.
Ia mengatakan, walaupun hasil nilai yang diperoleh ‎para siswa-siswi yang mengikuti ujian tersebut rendah, namun itu lebih baik daripada nilai besar tapi diperoleh dengan cara tidak jujur.
“Saya sudah kumpulkan para kepala sekolah dan KUPT.‎ Kita harus laksanakan ujian nasional dengan integritas. Lebih baik dapat nilai rendah tapi berintegritas, daripada dapat nilai tinggi tapi tidak jujur, jawaban dikerjakan oleh guru,” tegas Firdaus, Jumat (1/4/2016).
Dikatakan, terkait pernyataannya ini, ia siap menerima resikonya. Sebab, yang penting baginya adalah bagaimana mendidik siswa dan siswi menjadi orang jujur dan memeroleh nilai yang murni hasil usaha sendiri, sesuai dengan kemampuan siswa-siswi masing-masing.
“Kita ingin mendidik anak untuk jujur dan bernilai murni. Jangan dapat nilai tinggi disini, tapi ketika diuji dengan sebenarnya, misal mau tes perguruan tinggi tidak lulus. Jadi untuk apa nilai tinggi yang diperoleh dengan tidak jujur itu. Maka kami tekankan lagi, laksanakanlah ujian nasional yang berintegritas,” katanya
sumber : Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *